You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sidemen
Desa Sidemen

Kec. Sidemen, Kab. Karangasem, Provinsi Bali

Budaya dan Kearifan Lokal Potensi Desa Sidemen

Mencari Ketenangan di Sidemen Bali, Suasananya Bikin Betah!

Administrator 30 Mei 2023 Dibaca 57 Kali

Sidemen merupakan Kecamatan yang berada di Kabupaten Karangasem. Dengan luas sekitar 35,15 kilometer persegi, tempat ini merupakan daerah pegunungan yang menawarkan pemandangan alam dan udara yang sejuk. Kecamatan ini terbagi menjadi 10 desa yang masih cukup tradisional, dan sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani sawah serta mengurus perkebunan.

Berkunjung ke Sidemen, kamu akan terhubung dengan kehidupan desa yang tenang dan nyaman, jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan, ditambah bonus pemandangan alam yang memanjakan mata. Jadi, berkunjung ke Sidemen bisa menjadi alternatif tempat untuk melepas penat kesibukan sehari-hari.

1. Lanskap Sidemen yang menakjubkan

Mencari Ketenangan di Sidemen Bali, Suasananya Bikin Betah!Gunung Agung yang terlihat di Sidemen (Dok.Pribadi/Natalia Indah)

Bukit-bukit hijau, sawah dan perkebunan yang luas, sungai berbatu yang jernih, serta gunung yang kadang tampak di kejauhan bisa kamu nikmati di Sidemen. Begitu memasuki kawasan Sidemen, kamu akan disambut dengan hamparan hijau sawah berundak dan perkebunan milik warga.

Kalau cuacanya cerah, kamu bisa melihat Gunung Agung dengan jelas menjulang tinggi. Di sekitar Jalan Raya Tebola, kamu akan menemukan berbagai penginapan dan restoran yang berada di tepi Sungai Telaga Waja. Sungai ini pun bisa kamu kunjungi dan berenang di bagian yang dangkal.

2. Bisa berolahraga dengan udara yang sangat sejuk

Mencari Ketenangan di Sidemen Bali, Suasananya Bikin Betah!Area Persawahan di Sidemen (Dok.Pribadi/Natalia Indah)

Selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa berjalan-jalan menjelajahi sawah, trekking di antara bukit-bukit, maupun bermain di sungai jernih. Meskipun tak seramai Ubud, di Sidemen juga tersedia berbagai pilihan penginapan dan restoran yang letaknya berada di sebelah sungai.

Biasanya penginapan-penginapan tersebut menawarkan berbagai pilihan aktivitas luar ruangan yang bisa kamu lakukan. Bahkan, Sungai Telaga Waja yang mengalir di Sidemen bisa juga untuk aktivitas rafting.

3. Jalan menuju Sidemen tidak terlalu jauh kok!

Mencari Ketenangan di Sidemen Bali, Suasananya Bikin Betah!Sungai yang mengalir di Sidemen (Dok.Pribadi/Natalia Indah)

Perjalanan menuju Sidemen bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Denpasar, atau sekitar 2 jam dari Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai. Kamu bisa mengendarai kendaraan melalui Jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra ke arah Kabupaten Karangasem. Hingga menemukan papan petunjuk Sidemen, kamu tinggal belok dan mengikuti jalan. Selama perjalanan menuju ke arah Timur Bali ini, kamu akan ditemani oleh pemandangan perbukitan dan persawahan yang menawan.

Karena itu, Sidemen bisa menjadi pilihan wisata yang layak dikunjungi di Bali. Jadi, kapan kamu mau berangkat nih?

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image